Minggu, 19 Februari 2012

Pendidikan Perlu Perhatian

Kemajuan suatu Negara tergantung dari dua faktor pokok. Sumber daya alam dan Sumber daya manusia adalah factor yang bisa menentukannya, dan yang paling penting dari 2 faktor pokok itu adalah sumber daya manusia. Suatu Negara akan maju jika sumber daya manusianya berkualitas. Hal inilah yang kita perlukan untuk kemajuan Negara kita. Sumber daya manusia yang yang berkualitas dapat terwujud dengan pendidikan yang juga sistemnya harus berkualitas.
Melihat realita yang ada sekarang bukan hanya pembangunan gedung-gedung bertingkat dan pembangunan di sector-sektor lain yang kita perlukan tapi dunia pendidikan di Indonesia juga  perlu di benahi dan dibangun kembali dengan pondasi-pondasi yang  kuat. Apa jadinya bila pembangunan di Indonesia tidak dibarengi dengan pembangunan di bidang pendidikan?. Walaupun pembangunan fisiknya baik, tetapi apa gunanya bila moral bangsa terpuruk. Jika hal tersebut terjadi, bidang ekonomi akan bermasalah, karena tiap orang akan korupsi. Sehingga lambat laun akan datang hari dimana negara dan bangsa ini hancur. Oleh karena itu, untuk pencegahannya, pendidikan harus dijadikan salah satu prioritas dalam pembangunan negeri ini.
Pendidikan di Indonesia sekarang masih jauh dari harapan bangsa. Masalah-masalah dalam dunia pendidikan yang tidak pernah dituntaskan. Kualitas siswa masih rendah, pengajar kurang profesional, biaya pendidikan yang mahal adalah beberapa poin permasalahan pendidikan di negara kita. Dari masalah-masalah itu yang paling mempengaruhi adalah biaya pendidikan yang semakin mahal. Banyak anak-anak pinggiran yang tidak dapat mengenyam pendidikan hanya karena masalah itu. Program pemerintah menerapkan wajib belajar Sembilan tahun di anggap telah berhasil. Namun, realita yang ada di daerah-daerah pelosok masih sangat banyak anak-anak yang tidak bisa mengikuti program itu.
Hal tersebut lah yang seharusnya menjadi perhatian pemerintah. Mengapa programnya tidak bisa berjalan, pemerintah seharusnya koreksi hal ini. Ketidak merataan program pendidikan juga salah satu masalah yang sangat berpengaruh. System pendidikan di desa jauh  berbeda dngan system pendidikan di kota-kota besar. Tenaga-tenaga pengajar yang masih kurang,bahan-bahan ajar yang masih kurang, dan anggaran dana yang masih minim. Kurangnya perhatian dari pemerintah terhadap system pendidikan di daerah-daerah pelosok menyebabkan pendidikan di pelosok jauh tertinggal.
Pemerintah seharusnya tanggap dengan hal ini. Karena pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk kemajuan Negara. Pemerataan program pendidikan juga harus dijalankan, agar tidak ada lagi daerah-daerah yang system pendidikan nya tertinggal. Anggaran untuk pendidikan juga harusnya ditingkatkan. Biaya pendidikan bisa diminimalisasikan agar anak-anak pinggiran yang mungkin memiliki intelektual yang tinggi bisa mengenyam pendidikan yang layak.
Pemerintah seharusnya mengatasi permasalahan ini dengan cara turun kelapangan langsung untuk melihat kondisi   pendidikan di Indonesia, jangan hanya tau menyalurkan dana untuk peserta didik ,tetapi tidak tau bagaimana proses penyaluran dana yang mereka berikan,karena hal ini mengancam tidak lancarnya pendidikan apalagi sekolah – sekolah yang ada dipedesaan sudah kurangnya tenaga pengajar dan fasilitas ditambah dananya yang  bisa dikatakan tidak sampai pada sasaran yang dituju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar